Translate This !

Monday, January 31, 2011

Semiologi

Secara etimologis, Semiologi (F. de Saussure) atau Semiotika (C.S. Pierce) berasal dari bahasa yunani yaitu "semeion" yang berarti tanda dan "seme" yang berarti penafsiran tanda. Maka dari itu, Semiologi adalah ilmu yang mempelajari sistem-sistem, aturan-aturan, konvensi-konvensi yang memungkinkan tanda-tanda itu mempunyai arti.
Klasifikasi Semiologi adalah sebagai berikut :
  1. Semiologi Analitik : yaitu semiologi yang menganalisis sistem tanda menjadi ide, objek dan makna. Ide dapat dikatakan sebagai lambang, maka dapat dinyatakan sebagai arti yang terdapat di dalam lambang tersebut.
  2. Semiologi Deskriptif : yaitu semiologi yang memperhatikan sistem tanda yang dapat dialami sejak dahulu hingga sekarang, seperti mendung meerupakan tanda hujan.
  3. Semiologi Faunal : yaitu semiologi yang khusus memperhatikan sistem tanda yang dihasilkan oleh binatang. Misal induk ayam yang berkotek menandakan baru saja bertelur.
  4. Semiologi Kultural : yaitu semiologi yang khusus menelaan sistem tanda ynag berlaku dalam kebudayaan masyarakat tertentu yang membedakannya dengan masyarakat lain.
  5. Semiologi Natural : yaitu semiologi yang khusus menelaan sistem tanda yang di hasilkan oleh alam. Contoh : air sungai yang keruh menandakan di daerah hulu telah turun hujan, erosi, atau longsor, yang memberi tanda bahwa manusia telah merusak lingkungan alam.
  6. Semiologi Naratif : yaitu semiologi yang menelaan sistem tanda  dalam narasi yang berwujud mitos, dongeng, atau cerita lisan yang mempunyai nilai kurtural tinggi (Kearifan lokal).
  7. Semiologi Normatif : yaitu semiologi yang khusus menelaah sistem tanda yang dibuat oleh manusia yang berwujud norma-norma. Misal, rambu-rambu lalu lintas.
  8. Semiologii Sosial : yaitu semiologi yang khusus menelaah sistem tanda yang di hasilkan oleh manusia  yang berwujud lambang yang terdapat di dalam bahasa.
Semiologi ini banyak diterapkan untuk mempelajari tanda-tanda bencana yang akan terjadi di lingkungan kita.

Sumber : Catatan Kuliah Mitigasi Bencana.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...