Translate This !

Thursday, July 14, 2011

Cerita dibalik Dark of The Moon-nya Transformers

pada tau film ini kan ?

Transformers : Dark of The Moon
Udah pada nonton kan ?.. yak ! Film ini bercerita tentang bangkitnya para decepticons yang selama ini bersembunyi di bawah tanah bumi dan di bagian bulan yang tersembunyi/bagian bulan yang selalu gelap (Darks side of the Moon).  Emang bener ya ada sisi bagian bulan yang selalu gelap ? 


Ehm... dalam tulisan kali ini kita gak bakalan bahas tentang filmnya, tapi bakal ngebahas Dark of The Moon-nya Transformers.

Pak Dhe Rovicky dalam Dongeng Geologi cerita kalo mungkin banyak yang tidak mengetahui bahwa wajah bulan yang menghadap kebumi selalu sama. Ya bulan tidak berotasi seperti bumi, rotasi bulan adalah bersama-sama dengan revolusi bulan.

Apasih rotasi itu ?
Sumber : Dongeng Geologi
Rotasi adalah perputaran benda pada suatu sumbu yang tetap, misalnya perputaran gasing dan perputaran bumi pada poros/sumbunya. Untuk bumi, rotasi ini terjadi pada garis/poros/sumbu utara-selatan (garis tegak dan sedikit miring ke kanan). Jadi garis utara-selatan bumi tidak berimpit dengan sumbu rotasi bumi, seperti yang terlihat pada “globe bola dunia” yang digunakan dalam pelajaran ilmu bumi/geografi. [wikipedia]
Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Sedangkan Revolusi Bulan ada dua, yaitu mengelilingi bumi, dan mengelilingi matahari bersama-sama dengan bumi.
Lalu, kenapa wajah bulan yang menghadap bumi selalu sama ya? Mungkin gambar di bawah ini bisa memberikan penjelasannya. hehehe
Rotasi Bulan sama dengan Revolusi Bulan (Sumber : Ircamera.as.arizona.edu)
Rotasi Bumi memerlukan waktu 24 jam untuk satu kali berputar. Revolusi bumi mengitari matahari memerlukan waktu 365 hari (1 tahun). Sedangkan Rotasi Bulan terlihat memiliki perilaku yang berbeda dengan bumi. Revolusi bulan mengelilingi bumi memerlukan waktu 27.3 hari, demikian juga waktu yang diperlukan untuk rotasinya. Kalau Bumi berotasi, dan juga memiliki gerakan revolusi mengelilingi matahari. Bulan memiliki gerakan revolusi terhadap bumi dan terhadap Matahari. Dengan demikian, muka (wajah bulan) yang menghadap ke bumi selalu sama.
Wajah bulan yang selalu menghadap dan terlihat dari bumi.
Lalu, gimana ya rupa dari Dark Side of The Moon ?
Karena bulan mengelilingi bumi tetapi laju rotasinya sama dengan laju revolusinya maka muka bulan yang menghadap ke bumi selalu sama. Wajah bulan yang terlihat dibumi selalu sama. Walaupun bumi memiliki kecepatan rotasi 24 jam untuk satu kali putaran, bulan memiliki kecepatan rotasi dan revolusi yang sama yaitu selama 27.3 hari.
Permukaan bulan di Dark Side of The Moon (sumber : Dongeng Geologi)
Hingga tahun 1959, manusia hanya mampu melihat satu sisi saja. Pada tahun 1959 itu Soviet meluncurkan Luna-3. Pesawat yang mampu mengambil gambar sisi luar dari Bulan.

Tahun 2009 NASA kembali meluncurkan satelit dengan kamera lensa lebar (Wide angle) khusus untuk melihat sisi yang selalu tersembunyi ini. Satelit ini dinamakan Lunar Reconnaissance Orbiter Camera (LROC) Wide Angle Camera (WAC). Dengan satelit ini wajah bulan difoto berulang-ulang sambil mengelilingi bulan dan dibuat mosaic sehingga diketahui banyak sisi luar bulan yang sebelumnya tak terlihat dari bumi.

Wajah bulan dari riset NASA ini baru dirilis bulan Maret 2011 ini, dapat dilihat dibawah ini. Lihat bagian yang relatif mulus dan bagian yang relatif bopeng akibat perbedaan kerak bulan.
Foto-foto permukaan bulan (sumber : NASA)
Nah... mungkin dengan diketahuinya wujud permukaan bulan di dark side-nya maka sutradara film Transformers terinspirasi untuk membuat film fiksi tentang The dark side of the moon ini :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...