Translate This !

Monday, April 5, 2010

Daerah aliran Sungai

Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan suatu wilayah kesatuan ekosistem yang dibatasi oleh pemisah topografi dan berfungsi sebagai pengumpul, penyimpan penyalur air, sedimen dan unsur hara dalam sistem sungai dan mengeluarkannya melalui outlet tunggal. Daerah Aliran Sungai merupakan suatu rumah tangga dari sistem jaringan sungai yang di dalamnya terjadi interaksi antar berbagai komponen lingkungan (abiotik, biotik dan budaya) yang membentuk satu kesatuan ekosistem.

Daerah aliran sungai (DAS) atau daerah pengaliran sungai (DPS), padanan kata dalam bahasa asingnya adalah river basin, drainage basin, cacthment area, watershed. DAS adalah suatu wilayah yang merupakan kesatuan ekosistem yang dibatasi oleh pemisah topografis dan berfungsi sebagai pengumpul, penyimpan dan penyalur air, sedimen, unsur hara melalui sistem sungai, megeluarkannya melalui outlet tunggal. (Sudjarwadi,1985). Memperhatikan keadaan lapangan, DAS dapat dipandang sebagai:

  1.  Bentanglahan (landscape) yang dibatasi oleh pemisah topograf; sebagai bentang lahan mempunyai fungsi keruangan, produksi dan habitat.
  2.  Kesatuan ekosistem, tempat berlangsunganya interaksi, interdependensi dan interrelasi komponen-komponen lingkungan.
  3.  Sistem hidrologis, sebagai suatu sistem ada masukan berupa hujan, proses dan keluaran berupa runoff, sedimen, uap air serta unsur hara.
Gambar 1.1. menunjukkan blok diagram suatu bentang lahan, di dalamnya nampak ada lembah, sistem sungai, pegunungan dan igir pegunungan. Igir pegunungan membatasi sistem sungai, batas tersebut disebut river divide. Sistem sungai terbagi menjadi 3 bagian yaitu: daerah upstream (berupa daerah pegunungan dan perbukitan) yang merupakan daerah sumber runoff dan sedimen; 2) daerah down stream (berupa dataran) yang merupakan daerah transfer runoff dan sedimen; 3) daerah estuary (daerah pertemuan aliran sungai dengan laut) pada umumnya berupa delta sungai.

Gambar 1.1

Gambar 1.2. Peta Kontur elevasi dan batas DAS (Linsley, 1949)





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...