Translate This !

Friday, April 16, 2010

Survey Tanah



Tanah merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki banyak fungsi penting dalam ekosistem, diantaranya adalah sebagai media pertumbuhan tanaman, habitat bagi jasad tanah,  media konstruksi/rekayasa, sistem daur ulang bagi unsur hara dan sisa sisa organik serta sistem bagi pasokan dan penyaringan air. Tanpa tanah, manusia tidak akan bisa hidup. mengingat tanah memainkan peranan yang sangat penting dalam ekosistem kita, maka kita harus berhati hati dalam mengelola dan melindunginya dari kerusakan.

Prediksi sifat-sifat tanah dan tanggapannya terhadap berbagai pengolahan sangat diperlukan kdalam bidang pertanian dan kehutanan, untuk kajian kelayakan dan perencanaan pada proyek-proyek pengembangan wilayah serta untuk berbagai pekerjaan keteknikan. untuk mencapai maksud tersebut, sangatlah perlu menentukan pola-pola tutupan lahan dan membagi pola-pola tersebut ke dalam satuan-satuan yang relatif homogen, memetakan sebaran satuan-satuan tersebut sehingga memungkinkan diprediksinya daerah-daerah tersebut dan menentukan karakteristik satuan peta sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai acuan evaluasi lahan.

Untuk  mengetahui sebaran satuan-satuan tutupan lahan (dalam hal ini tanah) tersebut maka langkah awalnya adalah dengan melakukan survey tanah. Adapun Buku Petunjuk Lapangan Survey Tanah bisa di klik di sini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...