Translate This !

Tuesday, June 15, 2010

Pengukuran Ekonomi Terhadap Kelangkaan Sumberdaya Alam

Sumber daya secara ekonomi merupakan faktor produksi yang diperlukan untuk menghasilkan output berupa barang dan jasa. Sumberdaya merupakan komponen yang diperlukan untuk aktivitas ekonomi yang secara langsung maupun tidak langsung diperlukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup yang tidak terbatas. Berdasarkan ketentuan tersebut dapat diartikan bahwea sumberdaya diartikan secara terbatas dalam peranannyauntuk menghasilkan utilitas melalui proses produksi.sumber tersebut diperlukan bukan karena dirinya sendiri, melainkan diperlukan sebagai sarana untuk mencapai tujuan. Pada kenyataannya sumber daya bisa menghasilkan utlitas tanpa melalui proses produksi. Sebagai contoh, pemandangan alam dipeghunungan, keindahan pantai. Sehingga pengertian sumberdaya itu tidak hanya menyangkut nilai konsumsi akan tetapi juga menyangkut nilai yang tidak dikonsumsi secara tidak langsung.
Ketersediaan sumber daya yang ada di alam alam jumlahnya terbatas. Sehingga dalam pengertian ini terdapat beberapa kelompok yang pesimistis terhadap kecukupan sumber daya bagi pemenuhawn kebutuhan hidup manusia. Hal ini terjadi karena jumlah penduduk setiap tahun mengalami peningkatan sementrara alat pemenuhan kebutuhan tidak mengalami perubahan.
Secara fisik untuk mengukur ketersediaan sumber daya alam sudah sering dialkukan oleh ahli geologi,yaitu dengan teknologi mereka dapat mengukur berapa kuantitas mineraal yang terkandung didalam bumi dam memprediksikan perkiraan waktu habisnya. Sedangkan secara ekon omi juga dapat diketahui persediaan sumberdaya alam walaupun tidak bisa menentukan secara pasti volumenya. Sehingga seorang ahli ekonomi hanya mengatakan sumberdaya itu langka atau tidak, dalam hal ini kelangkaan yang dimaksudadalah kelangkaan secara ekonomi bukan kelangkaan secara fisik. Kelangkaan secara ekonomi dapat diukur dengan cara menghitung biaya produksi dan rent ekonomi sumberdaya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...