Translate This !

Thursday, March 31, 2011

Soil Taxonomy

Sama halnya seperti dalam Biologi, dalam mmemperlajari tanahpun kita mengenal yang namanya Taksonomi Tanah. Menurut Soil Taxonomy USDA, taksonomi tanah terdiri dari enam katageori dengan sifat-sifat faktor pembeda mulai dari kategori tertinggi ke katefori terendah, sebagai berikut :


  • ORDO
Terdiri dari 11 taksa. Faktor pembeda adalah ada tidaknya horison penciri serta jenis (sifat) dari horison tersebut.
  • SUB ORDO
Terdiri dari 53 taksa. Faktor pembeda adalah keseragaman genetik, misalnya ada tidaknya sifat-sfat tanah yang berhubungan dengan pengaruh air, regim kelembapan, bahan induk utama, pengaruh vegetasi seperti ditunjukkan oleh adanya sifat0sifat tanah tertentu, tingkat pelapukan bahan organik.
  • GREAT GROUP
Dikenal 250 taksa. Faktor pembedanya adalah kesamaan jenis, tingkat perkembangan dan susunan horizon, kejenuhan  basa, regim suhu dan kelembapan, ada tidaknya lapisan-lapisan penciri lain seperti phillite, fragipan dan duripan.
  • SUB GROUP
Ada lebih dari 2400 subgroup, penekanan pada kenampakan atau proses yang nampak dominan mengontrol arah atau derajat perkembangan tanah. Ada 3 macam subgroup :
  1. Typic Subgroup : Secara sederhana didefinisikan sebagai satuan tanah yang tidak punya karakteristik penciri utnuk subgroup lain
  2. Transitional ke ordo, subordo, atau greatgroup lain
  3. Extragrade, kaegori ini mempuunyai ciri yang tidak mewakili great group tetapi tidak menunjukkan peralihan ke satuan tanah lain.
  • FAMILY
Klasifikasi pada kategori ini ditunjukkan untuk mengelompokkan tanah dalam subgroup yang mempunyai kemiripan perwatakan  kimia, fisika yang mempengaruhi pengelolaan dan pengolahan. Pada beberapa tanah perwatakan yang digunnakan pada kategori ini tanpa mempertimbangkan kepentingannya sebagai indikator pada proses pembentukan tanah. Perwatakan yang digunakan sebagai pembeda pada kategori famili adalah :
  1. Klas ukuran butir
  2. Klas mineralogi tanah
  3. CEC (KTK)
  4. Klas suhu tanah
  5. Klas kegampingan dan rekkasi tanah
  6. Ketebalan tanaj yang dapat ditembus akar
  7. Klas  penyelimutan, retakan dan ketahanan agregat
  • SERIES
Faktor pembedanya adalah jenis dan susunan horizon, warna, teksture, struktur, konsistensi, reaksi tanah dari masing-masing horizon, sifat-sifat kimia dan mineral masing-masing horizon.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...