Translate This !

Tuesday, April 13, 2010

Mengenal Kartografi Dasar


KKartografi adalah suatu teknik yang secara mendasar dihubungkan dengan kegiatan memperkecil keruangan suatu daerah yang luas sebagian atau seluruh permukaan bumi , atau benda-benda angkasa dan menyajikan dalam suatu bentuk yang dapat mudah diobservasi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan komunikasi. ( Sukwardjono,1997)
Karena digunakan untuk kepentingan komunikasi maka diperlukan teknik-teknik khusus dan pengetahuan estetika ,maka ICA pada tahun 1973 menyimpulkan bahwa kartografi adalah seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi tentang pembuatan peta-peta , sekaligus mencakup studinya sebagai dokumen-dokumen ilmiah dan hasil karya seni. (Khakim, Nurul, 2007)
Dari definisi di atas dapat dimengerti bahwa tugas seorang kartografer adalah membuat peta, yaitu merancang peta (map design) yang meliputi desain simbol (symbol design), tata letak peta (map lay out), isi peta (map content), dan generalisasi (generalization). Banyak sekali definisi tentang peta, tetapi pada dasarnya hakekat peta adalah
  1. Peta adalah alat peraga.
  2. Melalui alat peraga itu, seorang penyusun peta ingin menyampaikan idenya kepada orang lain.
  3. Ide yang dimaksud adalah hal-hal yang berhubungan dengan kedudukannya dalam ruang. Ide tentang gambaran tinggi rendah permukaan bumi suatu daerah melahirkan peta topogafi, ide gambaran penyebaran penduduk (peta penduduk), penyebaran batuan (peta geologi),penyebaran jenis tanah (peta tanah atau soil map), penyebaran curah hujan (peta hujan) dan sebagainya yang menyangkut kedudukannya dalam ruang.
  4. Dengan cara menyajikannya kedalam bentuk peta, diharapkan si penerima ide dapat dengan cepat dan mudah memahami atau memperoleh gambaran dari yang disajikan itu melalui matanya.
Untuk menyatakan sesuatu hal ke dalam peta tentunya tidak bisa digambarkan seperti bentuk benda itu yang sebenarnya, melainkan dipergunakan sebuah gambar pengganti atau simbol.
Simbol dalam peta memegang peranan yang sangat penting, bahkan dalam peta-peta khusus atau peta-peta tematik simbol merupakan merupakan informasi utama untuk menunjukkan tema suatu peta. Menurut bentuknya simbol dapat dikelompokkan menjadi simbol titik,simbol garis dan simbol area atau bidang , sedangkan wujud simbol dalam kaitannya dengan unsur yang digambarkan dapat dibedakan menjadi abstrak, setengah abstrak dan nyata atau piktoral . Simbol Piktoral adalah suatu simbol yang dalam kenampakan wujudnya ada kemiripan dengan wujud unsur yang digambarkan , sedangkan simbol geometrik adalah abstrak simbol yang wujudnya tidak ada kemiripan dengan unsur yang digambarkan . Disamping itu ada simbol yang menggunakan huruf atau angka. (Khakim ,Nurul, 2007) .
Jika peta itu dibuat dan didesain dengan baik, akan merupakan alat yang baik untuk kepentingan :
a. melaporkan (recording)
b. memperagakan (displaying)
c. menganalisis (analyzing)
d. dan secara umum untuk pemahaman saling hubungan (interrelation) dari benda-benda (obyek) secara keruangan (spatial – relationship).
( Sukwardjono,1997)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...