Translate This !

Saturday, February 13, 2010

Mengenal Peta Topografi dan Peta Geologi

-->
Sebagai seorang geograf, kehidupan kita tidak akan jauh dari yang namanya peta. Peta merupakan suatu alat yang sangat penting keberadaannya bagi seorang geograf, bahkan untuk semua orang. Jika tidak, maka akan seperti orang buta yang tidak punya tongkat dan tangan untuk meraba. Di dunia geografi, dikenal berbagai jenis peta. Namun peta yang sering digunakan adalah peta topografi dan peta geologi sebagai peta dasar untuk interpretasi bentuk lahan untuk berbagi kegiatan penelitian sumberdaya.
Peta Topografi atau sekarang sering dikenal dengan Peta Rupa Bumi (RBI) ini memuat berbagai informasi di permukaan bumi. Berbagai instansi memerlukan peta tersebut, bahkan dikalangn militer peta topografi ini sangat penting dan harus dipahami secara benar oleh prajurit.
Adapun informasi yang tersaji dalam peta RBI ini antara lain yaitu bentukan permukaan bumi, dan lokasi absolut suatu tempat secara tepat berdasarkan koordinat geografis. Bentukan di permukaan bumi direpresentasikan melaui kenampakan dan kerapatan garis kontur, sehingga dapat diketahui kondisi geomorfologi yang meliputi morfometri dan morfografi maupun bentuknya. Peta topografi ini sering digunakan oleh para ahli geomorfologi dalam kegiatan pemetaan bentuklahan.
           Selain peta topografi, peta geologi juga sangat penting bagi seorang geograf. Peta geologi ini memuat berbagi informasi antara lain : formasi geologi, stuktur geologi, umur geologi, penampang geologi dan sungai utama. Berbagai informasi geologi ini sangat diperlukan oleh berbagia instansi yang bekecimpung dalam ilmu kebumian. Perpaduan informasi dan data yang disadap dari peta topografi dan peta geologi ini sangat memudahkan seorang geograf ataupun para ilmuan kebumian dalam kerja lapangan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...