Translate This !

Friday, May 20, 2011

Penduduk vs Lahan

Sumberdaya lahan keberadaannya tidak kalah penting dengan sumberdaya lainnya. Sumberdaya lahan merupakan segala sesuatu yang bisa dimanfaatkan dari lahan untuk menopang kegiatan dan kehidupan manusia. Pemanfaatan sumberdaya lahan ini dapat dilihat dari segi penggunaan lahan yang dilakukan. Penggunaan lahan diartikan sebagai setiap bentuk campur tangan manusia terhadap lahan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidupnya baik materil dan spirituil (Arsyad, 1989). 

Sumberdaya lahan suatu daerah cenderung mendapatkan tekanan seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk (Senawi, 2006). Tekanan penduduk terhadap sumberdaya lahan menjadi penyebab utama yang dapat memicu semakin parahnya kerusakan lahan dan munculnya berbagai masalah lingkungan (Muta’ali, 1993). Tekanan tersebut berupa alih fungsi lahan menjadi lahan permukiman maupun kegiatan ekonomi yang semakin berkembang, sehingga membuat luas lahan-lahan potensial pertanian, lahan hutan semakin berkurang. (Malingreau, 1978). 
World Map of Population

Bertambahnya jumlah penduduk menyebabkan luas lahan garapan cenderung makin kecil, keadaan ini menyebabkan meningkatnya tekanan penduduk terhadap lahan pertanian. Kemudian di daerah perladang berpindah kenaikan kepadatan penduduk juga meningkatkan tekanan penduduk terhadap lahan karena naiknya kebutuhan akan pangan akibatnya diperpendeknya masa istirahat lahan (Soemarwoto, 2001). Selanjutnya, Siwi (2002) menyatakan bahwa meningkatnya kepadatan penduduk daya dukung lahan pada akhirnya akan terlampaui. Hal ini menunjukkan bahwa lahan di suatu wilayah tidak mampu lagi mendukung jumlah penduduk di atas pada tingkat kesejahteraan tertentu (Mustari et.al., 2005). Tekanan penduduk terhadap daya dukung lahan dapat ditentukan berdasarkan nilai perbandingan antara jumlah penduduk dan persentase petani dengan luas lahan minimal untuk hidup layak (Sumarwoto, 1985). Konsep ini berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan penduduk terhadap lahan seperti luas lahan minimal untuk hidup, persentase jumlah petani dan buruh tani dalam populasi penduduk, periode waktu perhitungan, pendapatan petani non pertanian dan luas lahan pertanian.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...