Translate This !

Monday, January 17, 2011

Makna Kota dari Game CityVille

Akhir-akhir ini game CityVille di facebook sedikit-banyak mencuri perhatian para gamers di situs jejaring sosial no.1 di dunia. CityVille merupakan game besutan Zygna yang pamornya terus meroket sejak ia di luncurkan akhir tahun 2010 lalu. CityVille ini, adalah game dimana kita bisa membangun kota sesuai kemauan kita, dari mulai tata ruang, populasi, komoditas, dan lain-lain. Di tinjau dari sudut pandang ilmu Geografi, tentunya game ini bisa dikatakan geografi banget.. Ungkapan itu saya kemukakan karena dalam geografi sendiri dikenal  Study Concern mengenai Kota, terutama dari aspek keruangannya.
Makna kota yang tersirat dari CityVille yang bisa tangakap dan di kaitkan dengan makna kota  menurut para ahli memiliki beberapa arti, diantaranya :
Kenampakan fisik morfologi kota

1.  Tinjauan Yuridis Administratif : Kota dapat di definisikan sebagai suatu daerah tertentu dalam wilayah negara dimana keberadaannya diatur  oleh undang-undang, daerah dimana dibatasi oleh batas batas administratif yang jelas keberadaannya diatur oleh undang-undang dan di tetapkan berstatus sebagai kota dan berpemerintahan tertentu dengan segala hak dan kewajibannya dalam mengatur wilayah kewenangannya. 
( Di CityVille makna ini tersirat ketika kota kita harus punya  pemerintahan, maka salah satu GOALS yang harus di capai oleh Gamers adalah mempunyai Hall of City, yang berarti ia memiliki pemerintahan.. Mungkin temen-temen menemukan makna lain ???)

2. Tinjauan Fisik Morfologi : Kota dapat di definisikan sebagai daerah tertentu dengan karakteristik pemanfaatan lahan yang mana sebagian besar tertutup oleh bangunan baik bersigat residensial (permukiman) maupun non residensial (Gedung-Gedung untuk berbagai fungsi), kepadatan bangunan khususnya perumahan yang tinggi, pola jaringan jalan yang kompleks, dalam satuan permukiman yang kompak dan relatif lebih besar dari satuan permukiman kedesaaan di sekitarnya.
(Kita bisa  lihat contoh kenampakan ini di CityVille, dimana pola jaringan jalan yang kompleks berasosiasi dengan tutupan bangunan baik itu untuk perumahan, gedung-gedung fasilitas kota dan gedung-gedung sentra bisnisnya, bandingkan dengan kenampakan di game FarmVille ( Game bertani, hehehe), secara fisik morfologi ddi game tersebut kenampakannya hanya berupa lahan pertanian dan walaupun ada bangunan itu menunjukkan bangunan pendukung pertanian dan peternakan :) )

3. Tinjauan Jumlah Penduduk : Kota adalah daerah tertentu dalam wilayah negara yang mempunyai  aglomerasi jumlah penduduk minimal yang telah di tentukan dan penduduk mana bertempat tinggal pada satuan permukiman yang kompak.
(Semakin banyak jumlah penduduk kota, maka level game CityVille akan semakin meningkat !! hal ini sama saja seperti di dunia nyata, dimana semakin banyak jumlah penduduk yang menidami suatu kota maka status kota akan meningkat, misalnya dari kota kota besar menjadi kota metropolitan )

Salah satu syarat kalau mau jadi Mayor di CityVille adalah punya populasi 1000 penduduk
4. Tinjauan Kepadatan Penduduk : Makna kota yang ini sama saja dengan makna no.3 :)

5. Tinjauan Fungsinya dalam Suatu Wilayah Organik : Kota adalah wilayaah tertentu yang berfungsi sebagai pemusatan kegiatan yang beraneka ragam sekaligus berfungsi sebagai simpul kegiatan dalam peranannya sebagai kolektor dan distributor barang dan jasa dari wilayah hinterland yang lebih luas.
(Setiap Kota di CityVille pasti punya areal pertanian yang berfungsi sebagai pensupply goods ke kota dan di distribusikan ke toko-toko, bila tidak ada itu, maka toko-toko yang kita dirikan di CityVille tersebut tidak akan menghasilkan uang)

Itulah beberapa makna kota yang tersirat dari game CityVille. Terkadang kita bisa mendapatkan pelajaran dari mana saja, tergantung sikap kita dalam memaknai suatu hal :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...