Translate This !

Wednesday, October 12, 2011

Tenaga Air vs Tenaga Matahari

 vs 

Pembangkit listrik tenaga air dan tenaga surya adalah sumber energi yang tidak mengkonsumsi sumber daya yang terbatas. Artinya air untuk tenaga air dan matahari untuk tenaga surya. Keduanya digunakan untuk menghasilkan energi tanpa menghilangkan mereka dari penggunaan lainnya. Selain itu, baik tenaga air maupun tenaga surya tidak menimbulkan polusi atau limbah yang signifikan. Berikut adalah perbandingan antara penggunaan dan pemanfaatan tenaga air denga tenaga surya (matahari) :

Keterandalan
Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) merupakan sumber energi listrik yang lebih dapat diandalkan daripada  energi listrik dari tenaga surya. PLTA memberikan pasokan listrik secara kontinyu, sedangkan tenaga surya tidak. Hal ini karena tenaga surya adalah sumber energi intermiten dengan periode waktu, ketika pasokan energi terganggu, seperti pada malam hari dan pada hari-hari mendung, maka ia tidak bisa menghasilkan energi listrik. 

Biaya dan Dampak Lingkungan
Tenaga air (Hydropower) memiliki dampak lingkungan yang lebih besar dibandingkan dengan tenaga surya (Solarpower). Hal tersebut karena dalam upaya memperoleh energi dari tenaga air setidaknya memerlukan pembendungan sungai. Proses pembendungan sungai akan berdampak pada ekologi sungai yang dibendung tersebut, sehingga dampak yang ditimbulkan untuk lingkungan cukup besar. Dari segi biaya, pemanfaatan tenaga air tergolong lebih hemat, dimana ia hanya membutuhkan satu modal saja untuk pembangunan bendungan sungai. Lain halnya dengan tenaga surya, di sisi lain, ia memiliki dampak lingkungan sedikit, namun yang masih jadi kendala adalah biaya dari manufaktur sistem tenaga surya.

Mobilitas dan Fleksibilitas
Dari segi mobilitas dan fleksibilitas, tenaga surya jauh lebih unggul dibandingkan dengan tenaga air. Tenaga surya sangat cocok untuk berbagai perangkat portable, seperti handphone, GPS, jam tangan, kalkulator da lainnya. Sedangkan tenaga air, walaupun energi yang dihasilkan sangat fleksibel, namun mobilitasnnya nol. Jelas saja, karena sebuah bendungan air pembangkit energi listrik tidak bisa dipindah-pindah seenaknya kan?



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...